UNBK Hari Pertama, Berjalan Lancar Tanpa Hambatan

UNBK SMAK Diponegoro Blitar Hari Pertama, Berjalan Lancar Tanpa Hambatan

BLITAR, Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer atau yang lebih dikenal dengan nama UNBK bagi siswa SMA telah dimulai kemarin, Senin (1/40. Para peserta mengikuti ujian Mata Pelajaran Bahasa Indonesia yang dalam proses pelaksanaannya inipun terpantau berjalan lancar.

Salah satunya seperti yang berlangsung di SMAK Diponegoro Blitar. Di SMAK Diponegoro Blitar ini, UNBK berlangsung dalam 2 (dua) sesi, yaitu pukul 07.30 s.d. 09.30 untuk Sesi 1 dan pukul 10.30 s.d. 12.30 untuk Sesi 2.

Total peserta UNBK SMAK Diponegoro Blitar ada 139 peserta, yang terdiri dari 19 peserta jurusan Bahasa, 54 peserta jurusan IPA dan 66 peserta jurusan IPS  

Pada hari pertama kemarin, SMAK Diponegoro Blitar mendapatkan kunjungan dari Bapak Pengawas Drs. SUDIBYO, M.Pd. Berikut foto-foto kegiatan tersebut:

Pada hari pertama kemarin, UNBK di SMAK Diponegoro Blitar berjalan dengan tertib, lancar dan aman serta semua peserta didik masuk semuanya, alias Nihil. Ke-139 peserta UNBK SMAK Diponegoro Blitar yang terbagi dalam 2 (dua) Sesi tersebut terbagi dalam 3 Lab Komputer dengan perincian sebagai berikut: (1) LAB 1 Sesi 1 diikuti oleh 25 Peserta UNBK, dan Sesi 2 juga diikuti oleh 25 Peserta UNBK ; (2) LAB 2 Sesi 1 diikuti oleh 25 Peserta UNBK, dan Sesi 2 diikuti oleh 24 Peserta UNBK ; (3) LAB 3 Sesi 1 diikuti oleh 20 Peserta UNBK, dan Sesi 2 diikuti oleh 20 Peserta UNBK . Masing-masing Lab diisi oleh peserta dari ketiga jurusan tersebut yang duduknya berselang-seling antara jurusan IPA, IPS dan Bahasa. Dari ketiga LAB/ Ruangan yang digunakan tersebut, masing-masing dijaga dan ditangani oleh 1 orang proktor, 1 orang teknisi dan 1 orang pengawas. Pengawas UNBK merupakan guru-guru dari sekolah lainnya dalam 1 Sub Rayon. Untuk tahun ini, UNBK SMAK Diponegoro Blitar berada dalam Rayon 06 Kota Blitar Sub Rayon 01, bersama dengan SMAN 1, SMAN 4, SMA Taman Madya, dan SMA Al-Ghifari Kota Blitar.

Dalam penyelenggaran UNBK tahun ini, sekolah yang terletak di Jalan Diponegoro No. 32 Kota Blitar ini menggunakan 75 unit komputer PC untuk klient, dan 4 Unit komputer untuk Server. Adapun rinciannya adalah 70 Unit klient difungsikan sebagai sarana ujian untuk peserta UNBK, 5 unit klient lainnya sebagai cadangan, 3 Unit untuk Server Utama dan 1 unit untuk Server Cadangan.

Dalam pelaksanaan UNBK ini diawali dengan proses Sinkronisasi yang terjadwal dari pusat. Untuk SMAK Diponegoro Blitar tahun ini mendapatkan jadwal Sinkronisasi pada hari Jum’at (29/3) pukul 10.00. Pihak Sekolah dibantu pleh Proktor terus memantau jaringan internet dan listrik agar tidak mengganggu jalannya Ujian.

UNBK tahun ini berlangsung selam 4 hari. Setelah Bahasa Indonesia di hari pertama, hari kedua yakni Selasa (2/4) peserta mengikuti UNBK Matematika, hari ketiga Kamis (4/4) matpel Bahasa Inggris dan matpel pilihan sesuai jurusannya pada Senin (8/4) . Untuk Matpel pilihan 54 peserta Jurusan IPA, terdiri dari 3 peserta memilih FISIKA, 8 peserta memilih KIMIA dan 43 peserta memilih BIOLOGI. Sedangkan 19 peserta jurusan BAHASA , terdiri dari 3 peserta memilih BAHASA JEPANG, 12 peserta memilih ANTROPOLOGI dan 4 peserta memilih BAHASA DAN SASTRA INDONESIA. Untuk 66 peserta jurusan IPS, terdiri dari 8 peserta memilih EKONOMI, 30 peserta memilih SOSIOLOGI dan 28 peserta memilih GEOGRAFI.

Pada jadwal diatas terdapat jeda libur tanggal 3 April, karena memang tanggal merah. Sedangkan, Jum’at (5/4) merupakan hari pendek.