smak diponegoro dalam situasi virus covid-19

Tanggal 16 Maret 2020, yang seharusnya merupakan jadwal USPBKS Susulan gagal dilaksanakan karena adanya berita Virus Covid-19.

Sejalan dengan waktu, maka pelaksanaan USPBKS Susulan yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur akhirnya dikembalikan ke Satuan Pendidikan/ Sekolah masing-masing melalui Daring. Akhirnya SMAK Diponegoro Blitar meminta beberapa bapak ibu guru untuk menyiapkan soal USP-BKS Susulan.

Di SMAK Diponegoro Blitar ada 12 (dua belas) mata pelajaran yang harus disiapkan oleh Bapak/ Ibu Guru, yaitu mata pelajaran : (1) Matematika Umum, (2) Bahasa Inggris, (3) Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, (4) Sejarah Peminatan, (5) Seni Budaya, (6) Ekonomi , (7) Geografi, (8) Pendidikan Jasmani, (9) Bahasa Jawa, (10) Sosiologi, (11) Kewirausahaan dan (12) Lintas Minat Sastra Inggris. Ujian susulan tersebut dilaksanakan mulai tanggal 1 April 2020 dan berakhir pada tanggal 5 April 2020.

Pembelajaran untuk kelas X dan kelas XI pun juga dilaksanakan secara daring. Pada pembelajaran daring ini SMAK Diponegoro Blitar menggunakan program Whatshap (WA), classroom, via email google form dan lain sebaginya mulai tanggal 17 Maret sampai dengan 3 April 2020.

Berdasarkan kalender sekolah, SMAK Diponegoro pada tanggal 5 sampai dengan 14 April 2020 melaksanakan libur Paskah, dan kegiatan pembelajaran akan dilaksanakan kembali mulai tanggal 15 April 2020 nanti,

Ditengah-tengah situasi semakin merebaknya Virus Corona SMAK Diponegoro juga melaksanakan penyemprotan disinfekta sampai saat ini sudah 2 (dua) kali yang dilakukan olah Bapak Ag Sulistiyono, Bapak Agus dan bapak Gatot .

Pengurus wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur (Jatim) pada 8 April 2020 siap melangsungkan istighosah kubro online.

Istighosah kubro online ini dilangsungkan bertepatan dengan malam Nisfu Sya’ban 1441 Hijriyah pukul 19.30 sampai 21.00 WIB. Kegiatan ini dilakukan guna mendoakan Indonesia dan seluruh negara agar pandemi virus corona segera berakhir.

“Kami mendoakan Indonesia agar corona segera sirna,” kata Wakil Sekretaris PWNU dan sekaligus Koordinator Istighosah Kubro Online PWNU Jatim, KH Syukron Dosi saat dihubungi Okezone, Rabu (8/4/2020).

Istighosah kubro online ini akan melibatkan Gubernur Jawa Timur hingga para masyaikh yang akan langsung ikut memimpin dan mengikuti acara tersebut.

“Ya, masyaikh yang memimpin istighosah dan doa dari dua lokasi, yakni PWNU Jatim dan Pondok Pesantren Lirboyo. Dari Grahadi, sambutan oleh Gubernur Jatim,” ujarnya.

Para masyaikh yang dimaksud antara lain:

PWNU:

1. KH Miftachul Akhyar

2. KH Nawawi Abd Jalil

3. KH Agoes Ali Masyhuri

4. KH Mutawakkil Alallah

5. KH Ubaidillah Faqih

6. KH Abd Adhim Kholili

7. KH Cholil As’ad

8. KH Marzuki Mustamar

9. KH Ali Maschan Moesa

10. KH Syafrudin Syarif

11. KH Dzulhilmi

12. Prof KH Abd A’la

13. KH Abd Hakim Mahfudz

Pondok Pesantren Lirboyo:

1. KH Anwar Manshur

2. KH Kafabihi Mahrus

3. KH Nurul Huda Djazuli

4. KH Fuad Djazuli

5. KH Anwar Iskandar

6. KH Abd Hadi

7. KH Athoillah Anwar

Istighosah dilakukan secara online sebab adanya physical distancing atau sementara waktu dilarang untuk mengadakan kegiatan ibadah yang melibatkan banyak orang.

Selain itu, kata Kiai Syukron, istighosah kali ini dipilih bertepatan dengan malam Nisfu Syaban di mana pada waktu tersebut adalah saat yang tepat untuk berdoa kepada Allah SWT.

“Imam Ghazali memberikan penjelasan panjang lebar mengenai keistimewaan malam Nisfu Syaban ini dalam kitab beliau, Mukasyafatul Qulub. Malam Nisfu Syaban adalah hari raya para penduduk langit. Sebagaimana Idul Fitri dan Idul Adha adalah hari raya para penduduk bumi. Doa-doa akan diijabahi oleh Allah SWT,” terangnya. Berikut link youtube-nya.

Ajakan Pemerintah Propinsi dan PWNU Jatim untuk melaksanakan Istighosah kubro ini disambut baik oleh keluarga besar SMAK Diponegoro yang muslim, berikut foto mereka:

Berdasarkan nota dinas, diatas umat Kristen Protestan dan Katolik juga melaksanakan doa bersama lewat streaming, berikut link streamingnya.

Berikut foto beberapa peserta didik SMAK Diponegoro Blitar yang melaksanakan kegiatan Doa Bersama:

Selamat Paskah untuk saudara-saudariku yang melaksanakan Paskah 2020.

“Tidak ada kebangkitan tanpa kematian, tidak akan ada keselamatan tanpa karya penyalibannya”.
Selamat merayakan Paskah teman2 Nasrani. Semoga momentum Paskah ditengah pandemi corona kita tetap diberi keselamatan.
Tetap jaga jarak, jaga kesehatan, terapkan PHBS, dan berpikiran positif. Kita sehat karena corona minggat.
Tuhan memberkati🙏🙏🙏

Berikut jadwal kegiatan MISA YANG DISIARKAN LANGSUNG OLEH TVRI DAN KOMPAS TV

  1. Minggu, Palma:
    Tgl.4/4, Pkl.09.00 WIB. di TVRI
  2. Kamis Putih :
    Tgl.9/4,Pkl. 21.00 WIB. di TVRI.
  3. Jumat Agung :
    Tgl.10/4,Pkl.16.00 WIB.
    di Kompas TV.
  4. Malam Paskah:
    Tgl.11/4,Pkl.18.00 WIB
    di TVRI.
  5. Minggu,Paskah:
    Tgl.12/4, Pkl.07.00 WIB.
    di Kompas TV.
    Pkl.09.00 WIB di
    TVRI.

Selamat mengikuti Misa bersama keluarga di rumah masing-masing sesuai jam tayang TVRI dan atau Kompas TV di atas. Tuhan memberkati.

Tinggalkan Balasan