Mengenal Sistem SSO Kemdikbud (Single Sign On)

SSO atau yang disebut dengan Single Sign-on merupakan sebuah istilah untuk masuk dari sebuah pintu yang akan digunakan oleh operator atau pendidik dengan mengakses layanan website Kementerian Pendidikan.

Cara kita untuk melakukan registrasi melalui SSO di Kemdikbud adalah kita harus mengenal sistem SSO Kemdikbud yang digunakan dan mengapa kita harus mendaftar di Kemdikbud. Salah satu jawaban yang tepat dan pasti adalah untuk memperoleh aksesor atau otoritas sebagai serang pengelola data dan juga mengenai kepentingan satuan pendidikan Anda dan juga dapat menambahkan jumlah pengelola atau operator yang terdapat sekolah Anda.

Di samping itu, belum semua para pelaku pendidikan telah memahami dan menjalankan sistem tersebut dikarenakan satu dan lain hal. Kemungkinan sebagian besar, dengan jumlah operator yang banyak telah melakukan pendaftaran pada website Kemdikbud tersebut, namun masih ada juga yang belum terdaftar. Bagi yang telah terdaftar juga diwajibkan untuk melakukan pembaharuan pada SK operator setiap tahunnya.

Cara Registrasi di Kemdikbud

Bagi Anda yang sudah pernah mendaftar, Anda tidak perlu mendaftarkan ulang diri Anda. Anda hanya dituntut untuk melakukan update data saja setiap tahun pelajaran baru. Bagi Anda yang belum mengenal sistem SSO Kemdikbud, Anda dapat mengikuti beberapa langkah berikut ini untuk mendaftar pertama kalinya:

  • Langkah pertama, Anda masuk terlebih dahulu ke halaman registrasi SSO. Anda dapat membuka halaman registrasi SSO pada website berikut ini: https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/app/#/akun
  • Setelah Anda memasuki halaman tersebut, Anda dapat mengisi semua formulir yang disediakan.
  • Kemudian, Anda harus upload SK milik Anda dan telah ditanda tangani oleh Kepala Sekolah tempat Anda menempuh pendidikan serta telah dibubuhi oleh stempel. Kemudian, Anda juga diwajibkan untuk scan SK milik Anda dengan format file Pdf yang berukuran maksimal sebesar 2Mb.
  • Langkah selanjutnya dan menjadi langkah terakhir yakni jika Anda telah mengisi serangkaian informasi yang diminta pada form yang telah disediakan, Anda pilih atau klik registrasi.

Bagi Anda yang sebelumnya sudah mengenal sistem SSO Kemdikbud  dan sudah melakukan registrasi, admin dari kemdikbud biasanya akan mengelola data Anda dan juga menerima Anda dalam jangka atau periode waktu dua hari kedepan.

Untuk memastikan hal tersebut, Anda dapat memantaunya dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut :

  • Anda dapat mengakses dan membuka pada website berikut ini: https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/app/#/akun
  • Anda dapat memasukkan alamat email milik Anda yang telah anda gunakan pada saat pendaftaran sewaktu registrasi.
  • Jika sudah memasukkan alamat email, segera klik cek dan proses sudah selesai.

Manfaat Webmail Kemdikbud

  • Dapat melakukan pengumuman approval perihal perubahan nama
  • persetujuan perihal perubahan identitas dari peserta didik terdapat pada menu approval identitas yang sudah menjadi wewenang dari operator dinas pendidikan kabupaten atau kota setempat.
  • Anda dapat melakukan unduhan panduan approval identitas pada http://sdm.data.kemdikbud.go.id/ pada sub menu panduan sekolah kita
  • Anda juga dapat melakukan cek profil sekolah serta saran dan masukan dari masyarakat melalui laman http://sekolah.data.kemdikbud.go.id

Kegunaan Sistem SSO Kemdikbud

Sistem SSO Kemdikbud ini dapat memudahkan Anda yang berkecimpung dalam dunia pendidikan dalam hal sebagai berikut:

  • Untuk mengetahui Informasi Verifikasi dan juga Validasi Peserta Didik
  • Untuk dapat melakukan antisipasi kebutuhan NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional, dan memastikan setiap Peserta Didik sudah memiliki NISN yang telah dilakukan oleh setiap operator sekolah atau oleh layanan mandiri melalui laman http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id

Tinggalkan Balasan