Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia di SMAK Diponegoro Blitar

Bulan Oktober ditetapkan sebagai Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia, dan bangsa Indonesia memperingatinya setiap tahun. Memang belum banyak yang tahu, mengapa peringatan itu dipilih bulan Oktober, bukan bulan lainnya? Selama ini kebanyakan baru kalangan akademisi, penulis, sastrawan, penggiat bahasa, organisasi kebahasaan atau pemerhati bahasa saja yang tahu dan memperingatinya.

Perlu diketahui, alasan ditetapkannya bulan Oktober sebagai Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia tersebut merujuk pada sejarah bangsa Indonesia. Sejarah mencatat pada tanggal 28 Oktober 1928 dikumandangkan Sumpah Pemuda, dalam keputusan Kongres Pemuda II, di Jakarta. Selanjutnya setiap tanggal 28 Oktober bangsa Indonesia memperingatinya sebagai Hari Sumpah Pemuda.

Setiap Bulan Oktober, Duta Bahasa SMAKDIPO selalu menggelar kegiatan untuk memeriahkan peringatan Bulan Bahasa, seperti contohnya Kegiatan Festival Bulan Bahasa yang pertama kali diadakan pada tahun 2019. Untuk tahun ini Duta Bahasa SMAKDIPO tetap memperingati Bulan Bahasa namun terbatas karena pandemi, berikut beberapa agenda dari Duta Bahasa SMAK DIPONEGORO BLITAR dalam memperingati Bulan Bahasa:

– Lomba Cipta Puisi antar kelas

– Live Talkshow Radio Persada

– Obrolan Bahasa bersama Refondi Ramadha

– Pentas Sastra Virtual

Salah satu Agenda yang sudah terlaksana yaitu Live Talkshow Radio Persada, dimana Carolina Esther (Duta Bahasa SMAK Diponegoro) dan Leonard Wesutan (Berbakat Putra Duta Bahasa SMAK DIPONEGORO) melakukan Talkshow yang membahas bakat dan minat mereka dalam Bahasa Inggris dan mereka menjelaskan semuanya dalam Bahasa Inggris yang cukup fasih. Berikut salah satu dokumentasi kegiatan Live Talkshow Radio Persada  (14/10)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *