BAHASA JEPANG SMAK UNJUK GIGI LAGI

Dimasa Pandemi ini, peserta didik SMAK Diponegoro Blitar mengikuti lomba Japan Pop Culture 2020, yang bertempat di Universitas Negeri Surabaya ( kampus lidah wetan) pada hari Minggu, 27 Desember 2020. “Peserta didik yang mengikut lomba tersebut belajarnya disela-sela pembelajaran tatap muka, saat punya waktu luang…karena mereka mendahulukan menyelesaikan tugas-tugas dari sekolah,” kata bu Yuliana selaku pengampu mata pelajaran Bahasa Jepang.

Bu Yuliana juga menngatakan bahwa, “Selain itu, jika tidak bisa bertemu saat di sekolah untuk belajar, kami belajar lewat dunia maya, hanya sekedar kirim gambar…terus dikoreksi dan dikiritik lalu diperbaiki sampai menurut saya sudah passss hurufnya“.

“Lomba akademik yang diikuti oleh peserta didik SMAK Diponegoro Blitar adalah Lomba shodo, lomba kamishibai. Saat final…waktunya hanya 3 (tiga) hari dan menuliskan huruf kanji yang lumayan sulit, karena ada 2 (dua) huruf kanji yang dijadikan satu kesatuan. Kami belajarnya hanya melalui dunia maya”, kata Bu Yuliana salah satu guru Bahasa Jepang di SMAK Diponegoro Blitar.

Untuk lomba shodo diikuti oleh 2 (dua) peserta didik SMAK Diponegoro Blitar, yaitu ananda (1) Marcelina Beatrice Elsandari Santosa kelas XII PIBB dan (2) Aprilia Kristin  kelas XII PIPS 1, sedangkan untuk lomba kamishibai diikuti oleh ananda Grace Theodora  kelas XII PIBB.

Dalam lomba Akademik yang diadakan oleh Unesa tersebut dilakukan dengan seleksi hasil karya yang lumayan ketat. Untuk lomba akademik tersebut, seleksi hasil karya rencana mulai tanggal 1 sampai dengan 22 November 2020. Karena kuota masih belum terpenuhi, maka seleksi hasil karya diperpanjang sampai tanggal 30 November 2020. Untuk lomba kamishibai, peserta harus mengumpulkan video sesuai dengan tema yang ditentukan panitia. Tema dipilihkan panitia lomba secara acak. Video dibuat dengan durasi max. 7 menit dan min. 5 menit. Lomba kamishibai langsung diambil juara setelah mengumpulkan hasil karya. Untuk lomba shodo, ada 2 babak. Babak pertama (penyisihan), seluruh peserta diminta untuk menuliskan huruf kanji 高 beserta langkah-langkah penulisannya di kertas HVS. Hasil karya siswa berupa foto (JPG) yang dikirim ke panitia. Pengumuman peserta yang lolos pada babak seleksi pada tanggal 10 Desember 2020. Babak kedua (final) hanya diambil 25 peserta, berikut ke-25 peserta yang lolos:

Bagi peserta didik yang lolos, peserta diminta untuk menuliskan huruf kanji 秋、涼、 紅 (dipilih salah satu). Peserta yang lolos harus mengirimkan video proses penulisan huruf kanji tersebut. Pengumpulan hasil karya pada tanggal 13 Desember 2020.

Foto tulisan Jepang pada babak penyisihan oleh ananda Aprilia Kristin
Foto dari hasil yang dikirim untuk babak final oleh ananda Aprilia Kristin

Meskipun hanya belajar di dunia maya dan waktunya terbatas, ternyata membuahkan hasil, Hasil lomba yang diikuti diatas yaitu sebagai Juara 2 lomba shodo, atas nama Aprilia Kristin dari kelas XII PIS 1.

Foto huruf Jepang yang dikitm oleh Ananda Marcelina Beatrice Elsandari Santosa

Sedangkan ananda Marcelina Beatrice Elsandari Santosa kelas XII PIBB, yang sudah lolos di babak penyisihan, meskipun belum mencapai hasil maksimal…jangan menyerah dan tetap semangat untuk belajar…menemukan style diri sendiri yang lebih baik. Doa kami dari keluarga besar SMAK Diponegoro Blitar selalu bersamamu. Sukses dan tetap semangat di masa Pandemi ini. tetap ingat pesan ibu 3 M (Memakai Masker, Mencuci Tangan dengan sabun dan Menjaga Jarak).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *